Cari Info Cirebon

Tempat Wisata di Cirebon : Taman Sari Gua Sunyaragi ( DAFTAR TEMPAT WISATA DI CIREBON )

Admin | 11:27 PM | 1 comments

Taman Sari Sunyaragi adalah bekas taman sari pesanggrahan Kraton Ksepuhan yang fungsi utamya untuk menyepi. Arti nama sunyaragi sendiri berasal dari kata sunya artinya tempat menyepi dan ragi artinya raga, yang secara keseluruhan diartikan tempat untuk menyepi atau mengasingkan raga. Sebutan Gua dalam hal ini adalah bukan gua sebenarnya namun merupakan gua artificial, yang artinya dibangun dengan gaya arsitektur banyak menyerupai gua dan berhiaskan air. Hal inilah yang menjadi daya tarik dari Tamansari Gua Sunyaragi. Menurut cerita bahwa Taman Sari Gua Sunyaragi didirikan sejak 1448 sebagaimana tertulis (Gajah Derum Tirta Linuwih) yang artinya gajah berarti 8, Derum berarti 4, tirta berarti 4 dan Linuwih berarti 1) atau tahun 1526 oleh Panembahan RAtu Pakungwati I atau PM Muhammad arifin II.

Letak Tamansari Gua Sunyaragi adalah + 4 Km sebelah barat daya dari Kraton Kasepuhan dan + 700 m sebelah barat Terminal Harjamukti Cirebon.

Category:

About http://resep2puding.blogspot.com:
http://resep2puding.blogspot.com/ adalah blog yang berisi tentang kumpulan resep - resep puding, Agar agar, Jelly, dan segala macam dessert berupa puding dan agar agar!

1 comment: